Kamis, 03 Januari 2013

3 Penyebab Menurunnya Libido Wanita


[Selamat Datang di Blog Wacana]
- Kamis -

Yosh! Bertemu lagi diminggu baru tahun 2013. Bagaimana keadaan kalian semua? Semoga tetap pada kondisi yang prima. Postingan kali ini, penulis akan membahas seputar kesehatan. Mumpung masih seger yuk kita simak artikel berikut ini.

Pada dasarnya hal yang paling sering membuat gairah wanita menurun adalah stress (itu sih pemikiran semua orang), anak-anak, masalah dalam asmara, pengobatan fisik atau juga karena mengalami sakit. Libido wanita ini sangat rawan. Sisi emosional, mental, fisik dan spiritualnya bisa menjadi penyebab utama para wanita malas untuk melayani suaminya alias bercinta (sex/red).

Banyak hal yang bisa mengendalikan hormon seks wanita. Beberapa diantaranya mudah diketahui namun sebagian besar lagi sangat sulit untuk dimengerti. Akan lebih sulit menceritakan apa masalah sebenarnya yang tengah dihadapi oleh mereka. Nah, saya akan membeberkan tiga alasan penyebab utama menurunnya gairah seks seorang wanita dibawah ini. Cekidot :

1. Alasan Biologis.
Menurunnya libido pada wanita banyak sekali terjadi karena kondisi fisik atau alam. Gairah seks turun bisa saja karena hal-hal kecil seperti kelelahan akibat mengasuh anak, terlalu banyak melakukan aktifitasnya atau juga karena susah tidur. Bisa juga disebabkan masalah yang berhubungan dengan seksualitas seperti pernah merasakan sakit saat bercinta atau karena ketidakmampuan melakukan orgasme.

Menurut Ashley Hill, MD seorang dokter spesialis OB/GYN. Kelahiran dan masa menyusui juga bisa menjadi penyebab turun atau hilangnya hasrat untuk bercinta. Hal ini terjadi, karena pada masa-masa tersebut tingkat hormon seks pada wanita atau dikenal sebagai estrogen juga menurun. Ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi kontribusi pada berkurangnya libido, umumnya terjadi dimasa-masa menstruasi. Kondisi ini menyebabkan vagina kering sehingga membuat seks jadi tak diinginkan.

Menurunnya gairah seks juga kerap diasosiasikan dengan masalah kesehatan seperti obesitas, hipertensi, diabetes, kanker, penyakit jantung dsb. Kondisi medis lainnya disebabkan oleh pengobatan medis, penggunaan suplemen dan pasca operasi pun diduga kuat menjadi penyebab gairah seks wanita bermasalah.

2. Alasan Psikis.
Beberapa masalah kesehatan mental seperti depresi/ stress, kepercayaan diri yang rendah dan gangguan psikologis lainnya. Biasanya menjadi penyebab menurunnya gairah akan seks. Karena hal itulah, banyak sekali orang menuding sebagai faktor utama menurunnya/ terganggunya libido seseorang.

Menurut majalah Good Houskeeping dari USA yang saya temukan dikolong kasur teman saya, para wanita yang berusia 20-an yang mengasuh anak usia 6 tahun mengklaim keinginan mereka untuk bercinta berkurang dua hingga tiga kali lipat. Beberapa wanita juga mengalami penurunan libido karena rasa bersalah terhadap aktifitas seksual yang mereka lakukan. Hal ini bisa terjadi karena nilai-nilai dan perilaku yang ditanamkan oleh orang tua tentang pandangan dan persepsi keliru. Mereka biasanya mengatakan bahwa seks itu sesuatu hal yang tabu dan tak layak diperbincangkan oleh anak-anak yang masih dibawah umur. Padahal edukasi seks sejak dini mampu mengubah hal tersebut.

3. Hubungan dengan Pasangannya.
Masalah yang berkepanjangan dan tak ada titik temu penyelesaiannya bisa memberi pengaruh sangat besar terhadap libido wanita. Masalah dalam rumah tangga, akan mempengaruhi keintiman pasangan secara emosional. Mereka jadi tak saling dekat, bila ada pepatah "Jauh dimata tapi dekat dihati, maka untuk yang satu ini malah kebalikannya menjadi dekat dimata jauh dihati" maka dari itulah penyebab hilangnya gairah seks wanita.

Kurangnya komunikasi antar pasangan juga bisa memperparah kondisi tersebut dan semakin mengurangi keinginan wanita untuk berhubungan seksual dengan suaminya. Mereka tidak bisa berdiskusi apa yang diinginkan masing-masing karena kurangnya kepercayaan pada pasangan. Hal itu bisa menjadi penyebab hilangnya rasa kebutuhan terhadap gairah seksual seorang wanita.

Itulah tiga (begini nulis angkanya : 3) alasan yang menyebabkan turunnya libido wanita. Silahkan kalian pertimbangkan kembali dengan pasangan. Rajutlah tali kasih dan perkuat rasa cinta kalian. Sekian artikel kali ini. Kembali hadir dua minggu kedepan ya! Jangan lupa selalu dukung Blog Wacana dan bagikan setiap postingan di blog ini pada rekan, kawan, sahabat dan keluarga kalian.

"Jika kalian menghargai usaha kami, maka berikanlah tanggapan yang baik.
Bila kalian berminat menyalin postingan kami ini, silahkan saja!
Dengan syarat pasang sumber dan link-nya dipostingan tsb.
Belajarlah saling mengerti agar dimengerti orang lain."

[Terima Kasih Atas Kunjungannya]
Kunjungi Halaman Blog Wacana dengan klik disini!
Ikuti Blog Wacana di Twitter dengan klik disini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar